Desa Sukamanah Megamendung Bogor Jadi Pilihan  Kaji Banding Kades Se Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan 

    Desa Sukamanah Megamendung Bogor Jadi Pilihan  Kaji Banding Kades Se Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan 

    BOGOR - Kepala Desa, Ketua BPD dan Pengurus Bumdes Se Kecamatan Palangga kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan Kaji Banding di Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

    Dalam Kaji Banding tersebut Pemerintah Desa se Kecamatan palangga mendapatkan beberapa poin penting dalam pengelolaan Desa secara mandiri. 

    Camat Palangga Kabupaten Konawe Selatan Muh. Syahrullah Asrianto mengatakan pihaknya banyak belajar dalam mengembangkan potensi Desa yang ada Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung.  Menurutnya, Desa Sukamanah merupakan salah satu rujukan kegiatan Kaji Banding Pemerintah Desa di Kecamatan Pelangga.

    " Banyak hal yang menarik dari Kunjungan ini, tentunya dari Potensi yang saat ini dikelola oleh Desa Sukamanah dapat diterapkan di Desa kami" ujar Muh Syahrullah kepada Wartawan, Selasa ( 23/05/23). 

    Kegiatan yang di ikuti oleh beberapa Kepala Desa, BPD dan Ketua Bumdes di wilayah Kecamatan Palangga ini diharapkan membawa dampak postif untuk kemajuan Desa di wilayahnya. 

    " Banyak hal yang akan kami tiru Dari Desa Sukamanah dalam pengelolaan Bumdes maupun sektor pertaniannya", katanya.


    Sementara Itu Kepala Desa Sukamanah Irmayani mengucapkan rasa terimakasih kepada Jajaran Pemerintah Kecamatan Pelangga yang meliputi beberapa Desa serta unsur BPD dan Bumdes yang telah memilih Desa Sukamanah sebagai rujukan kegiatan Kaji Banding. 

    Menurut Irmayani, kedatangan Pemerintah Desa se Kecamatan Palangga di Desa Sukamanah  untuk belajar dalam pengelolaan Pemerintahan Desa terutama  Bumdes dan pengembangan SDM. 

    " Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Pelangga dan Pemerintah Desa yang telah datang ke Desa Kami, harapan kami hubungan ini terus berjalan dan saling tukar pikiran dalam pengelolaan Desa yang baik", katanya. 

    Pada kegiatan tersebut Kades Sukamanah memaparkan pengelolaan Desa yang sempat mendapat peringkat terbaik secara Nasional, bahakan Kades sebelumnya Ismail sempat mengikuti upacara di Istana Negara. 

    Saat ini Pemdes Sukamanah telah berhasil mengelola Pasar masyarakat dibawah pengelolaan Bumdes, disamping itu Desa Sukamanah juga sudah memiliki pengelolaan air bersih untuk masyarakat. 

    " Allahmdulilah Bumdes Desa Sukamanah  sudah mengelola pasar Desa, saat ini sebanyak 356 Unit warung kelontong,  58 Unit toko, dan 158 kios menjadi binaan Deaa, untuk PDAM Desa sendiri kami kelola untuk didistribusikan kepada masyarakat dengan biaya cukup terjangkau", imbuhnya. 

    Untuk Sektor Pertanian, Desa Sukamanah sebagai pencetus budidaya sayuran kacang Edamame yang sudah tembus ke tingkat Nasional. Tak hanya itu dari sektor Pendidikan, Desa Sukamanah turut andil dalam mencerdaskan masyarakat melalui Program Sekolah gratis dari Tingkat Dasar sampai Unversitas. 

    " Dari Sektor Pertanian Menteri Kemajuan Luar Bandar dan Wilayah Malaysia (KLBM) Dato’ Sri Ismail Sabri Bin Yaakob sempat melakukan kunjungan ke Desa Kami", Pungkasnya. ***(FR)

    desa sukamanah kecamatan megamendung pelangga kaji banding konawe selatan sulawesi tenggara bumdes desa mandiri
    Suferi

    Suferi

    Artikel Sebelumnya

    Kades Se Kecamatan Pelangga Kabupaten Konawe...

    Artikel Berikutnya

    Sejarah Singkat Menuju Musda Muhammadiyah...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Kodim 1710/Mimika Gelar Karya Bakti Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih
    Kericuhan Terkait Penarikan Motor di Parung Berhasil Diredam oleh Personel Polsek Gunung Sindur
    Dispora dan FABEM Bandung Bahas Indeks Pembangunan, Kemajuan Bangsa Ditangan Pemuda 

    Ikuti Kami